Kisah Munculnya Tayamum

Muslim.welove.id - Seperti yang kita ketahui bersama-sama, bahwa setiap  sesuatu hal pastinya memiliki sebuah kisah atau asal usulnya, baik itu seperti nama tempat dan sebagainya.

Begitupun dengan Tayamum yang sama mempunyai kisah dan kisah Tayamum ini di ceritakan oleh Siti Aisyah,istri nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wassalam.

Pengertian Tayamum


Tayamum adalah pengganti wudhu atau mandi yang tadinya seharusnya menggunakan air bersih di gantikan dengan menggunakan tanah atau debunya yang bersih sebagai tempat rukhsah (keringanan) untuk orang yang tidak dapat memakai air karena beberapa halangan (uzur) yaitu karena sakit,karena dalam perjalanan dan tidak adanya air.

Kisah Munculnya Tayamum

Kisah Asal Mula Adanya Tayamum


Suatu saat ia ( siti aisyah ) bersama nabi Muhammad sallallahu'alaihi wasallam dalam salah satu perjalanannya. Ketika mereka sampai di baida atau Dzatul Zaisy ( hendak memasuki kota madinah ),tiba - tiba aisyah kehilangan kalung yang di pinjam nya dari Asma.

Akhirnya Rasulullah  Shallahu'alaihi wassalam berhenti, dan berkenan mencarinya dan orang - orang pun ikut mencarinya.

Waktu itu orang - orang berhenti di tempat yang tidak ada airnya dan orang - orang pun tidak membawa air. Akhirnya ( Saat kalung Aisyah belum di temukan ), Rasulullah Shallahu'alaihi wassalam tertidur di pangkuan Aisyah Radhiallahu'anha.

Saat itupun orang - orang mengeluh kepada Abu Bakar As-Siddiq,"Tidaklah engkau lihat,apa yang engkau lakukan aisyah..? Ia telah menghentikan rasulullah Shallahu'alaihi wassalam dan banyak orang,padahal mereka tidak di tempat yang ada airnya dan tidak membawa air".

Abu Bakar pun mendatangi ku ( Aisyah ) dan memarahinya. Siti Aisyah Radhiallahu'anha menceritakan :" Abu Bakar memercaku dan mengatakan apa yang di kehendaki allah untuk mengatakannya. Ia pun memukulku dengan keras dan seraya berkata :" Apa engkau menahan orang - orang ini karena kalung..?",Aku tidak bisa berbuat apa - apa karena keberadaan Rasulullah Shallahu'alaihi wassalam sekalipun  itu terasa menyakitkanku. Aku tidak bisa berbuat sedikitpun karena Rasulullah Shallahu'alaihi wassalam berada di pangkuanku ".

Kemudian datanglah waktu sholat  dan mereka tidak menemukan air, pada satu riwayat, akhirnya para sahabat nabi sholat tanpa wudhu. Hal tersebut di sampaikan kepada Rasulullah Shallahu'alaihi wassalam, lalu allah menurunkan ayat Tayamum yaitu ( Al - Maidah ayat 6 ).

Dan Usaid bin Hudhair berkata kepada aisyah :" Semoga allah membalas kebaikan bagimu, demi allah engkau mengalami perkara yang tidak engkau sukai, kecuali allah memberikan untukmu ( jalan keluarnya ), dan (menjadikan)kebaikan bagi kaum muslimin di dalamnya ".( HR.Bukhari dari beberapa jalan periwayatan ).


Dan demikianlah, Kisah Asal Usul Adanya Tayamum dan alhamdulillah, dengan adanya Tayamum ini, memudahkan kita umat muslim untuk tetap menjalankan ibadahnya walaupun tidak ada air.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Untuk Menyembuhkan Sakit Perut Menurut Islam

Doa Agar Terhindar Dari Sakit Mata Menurut Islam

Nama Bulan Islam/Hijriyah Beserta Maknanya