Syarat Syarat Tayamum

Syarat Syarat Bertayamum


Muslim.welove.id - Membersihkan atau mensucikan diri dengan cara berwudhu untuk melakukan ibadah, salah satunya seperti Sholat, adalah hukumnya wajib.
Namun, bagaimanakah jika kita sedang berpegian di dalam kendaraan atau di sebuah tempat, yang mana tempat tersebut susah untuk mencari air, untuk melakukan wudhu.
Namun, janganlah khawatir karena rasulullah selalu mempermudahkan umatnya untuk beribadah, karena walaupum tidak adanya air, kita dapat melaksanakan ibadah dengan cara mensucikan diri dengan Bertayamum.

Pengertian Tayamum


Apa itu Tayamum...?
Tayamum adalah pengganti wudhu atau mandi yang tadinya seharusnya menggunakan air bersih di gantikan dengan menggunakan tanah atau debunya yang bersih sebagai tempat rukhsah (keringanan) untuk orang yang tidak dapat memakai air karena beberapa halangan (uzur) yaitu karena sakit,karena dalam perjalanan dan tidak adanya air.

Syarat Syarat Tayamum

Saat Bolehnya Tayamum


Saat bolehnya Tayamum yaitu salah satunya dalam keadaan mukim ( tidak berpergian)  ataupun berpergian, seseorang bertayamum dengan syarat ia tidak mendapat air dan khawatir kehabisan waktu shalat dan juga Ketika sakit dan sakitnya tersebut menghalangi dirinya untuk mendapatkan air, namun bila seseorang sakit , tetapi tidak berhalangan menggunakan air,maka dia tidak boleh bertayamum.

Berikut adalah syarat - syarat Tayamum yang harus kita mengerti atau pahami...

Syarat Bertayamum Lengkap


1. Telah masuk sholat.

Tayamum memang di peruntukan untuk Sholat,maksudnya Tayamum sama saja dengan berwudhu biasa,hanya saja Tayamum menggunakan tanah suci yang ada debunya tapi tujuannya sama yaitu untuk ber-Wudhu,untuk melaksanakan sholat,mengaji atau lain sebagainya.

2. Memakai Tanah Berdebu Yang Bersih Dari Najis

Tayamum sama hal nya dengan wudhu berarti larangan nya pun hampir sama yaitu jika Tanah Berdebu yang di pakainya telah atau ada, hewan anjing atau hewan lainnya yang sudah berguling - guling,membuang air besar atau kecil di tempat itu,maka tanah berdebu itu tidak boleh di gunakan.

Begitupun Wudhu biasa jika airnya terkena air liur anjing atau hewan yang lainnya ataupun bangkai,itu tidak boleh di gunakan.

3. Memenuhi Alasan Atau Sebab Melakukan Tayamum

Jika bertayamum pun kita harus tau dulu,kenapa kita harus bertayamum walaupun ada air..? Bertayamum boleh di lakukan oleh...

● Bagi orang yang sakit yang  berhalangan atau tidak di perbolehkan untuk menggunakan air karena penyakitnya tersebut,tetapi jika tidak berhalangan menggunakan air maka orang yang sakit tersebut pun harus berwudhu menggunakan air.

● Bagi orang yang dalam bepergian, itu boleh bertayamum jika orang tersebut sudah berusaha mencari air tapi tidak dapat.

4. Sudah Berusaha Mencari Air Tetapi Tidak Ketemu.

Itu sering terjadi di saat musim kemarau karena susah sekali untuk mencari air dan sudah kesana kesini mencari air tapi tidak dapat,maka boleh bertayamum.

Tetapi jika bertemu dengan air dan cukup untuk berwudhu makan tidak boleh bertayamum.

5. Tidak Haids Ataupun Nifas Bagi Perempuan.

Sama halnya dengan wudhu jika kita sebagai perempuan sedang Haids maka tidak boleh bertayamum ataupun Wudhu.

6. Menghilangkan Najis Yang Melekat Pada Tubuh.

Menghilangkan dulu najis menggunakan tanah berdebu kemudian boleh untuk bertayamum.


Dan demikianlah, Syarat Syarat Tayamum, yang semoga bermanfaat dan berguna bagi para pembaca semuanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Doa Untuk Menyembuhkan Sakit Perut Menurut Islam

Doa Agar Terhindar Dari Sakit Mata Menurut Islam

Nama Bulan Islam/Hijriyah Beserta Maknanya